9 Khasiat Unik Biji Anggur Untuk Kesehatan Tubuh - Girlsinspo.com

Breaking

Rabu, 19 Februari 2020

9 Khasiat Unik Biji Anggur Untuk Kesehatan Tubuh



Biji anggur yang biasanya hanya dilepehkan dan dibuang begitu saja, sebenarnya memiliki banyak . Manfaat anggur sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi. Bila dikonsumsi daging dan kulitnya saja Anda bisa mendapat serat, vitamin, dan mineral penting yang mencukupi kebutuhan tubuh.

Ternyata biji anggur yang mungil tersebut juga memiliki rahasia di dalamnya, yakni terdapat senyawa oligomeric proanthocyanidin complexes (OPCs). Tahukah Anda senyawa apa lagi yang bermanfaat dari biji anggur? Berikut mengenai manfaat biji anggur untuk kesehatan dikutip dari berbagai sumber:

Anti Kanker

Manfaat biji anggur untuk kesehatan selanjutnya ialah sebagai sarana mencegah penyakit kanker. Melansir dari hellosehat.com, bahwa penelitian yang dimuat dalam The Journal of Nutrition menunjukkan bahwa biji anggur mengandung banyak senyawa antikanker.

Senyawa tersebut terdiri atas beragam antioksidan, enzim, serta zat yang bisa membunuh sel kanker, juga mencegah penyebarannya. Senyawa oligomeric proanthocyanidin complexes (OPCs) juga berperan penting menghancurkan radikal bebas dalam tubuh, penyebab serangan jantung, kanker, dan penuaan dini.

OPCs ditemukan pada 1947 oleh Jacques Masquelier, mengembangkan teknik ekstraksi proanthocyanidins oligomer dari kulit pinus dan biji anggur.

Mencegah Serangan Jantung

Berbagai antioksidan seperti polifenol, flavonoid, dan oligomeric proanthocyanidins complexes (OPCs) sangat berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di tubuh. lalu OPSs ikut membantu menurunkan tekanan darah, juga tannin yang menjaga kesehatan pembuluh darah. Hasil yang diperoleh ialah jantung yang sehat dan terjaga dari berbagai penyakit.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat biji anggur bisa Anda peroleh dari vitamin C dan vitamin E yang membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dalam melawan bakteri dan patogen virus. Selain itu, ada pula antioksidan dan senyawa lain yang ikut mendukung peran tersebut.

Kandungan antioksidan biji anggur ternyata lebih kuat 30 kali daripada vitamin C dalam melindungi tubuh dari patogen. Bahkan kandungan nutrisinya dipercaya oleh para ahli, mampu meringankan dan mengobati flu, serta mencegah radang ataupun alergi.

Menyeimbangkan Tekanan Darah

Kandungan dari biji anggur mampu melindungi pembuluh darah dan arteri dari kerusakan, penyebab tekanan darah tinggi hingga kardiovaskular.

Kandungan bermacam senyawa, seperti flavonoid, asam linoleate, procyanidins fenolik dan procyanidins oligomer, bisa membantu menjaga kesehatan pembuluh darah.

Berbagai senyawa tersebut akan merangsang aktivitas vitamin C dalam tubuh, lalu meningkatkan produksi kolagen, serta mempercepat proses memperbaiki pembuluh darah.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Berbagai senyawa aktif yang terkandung dalam biji anggur mampu merangsang fungsi otak, meningkatkan retensi, konsentrasi, memori, dan suasana hati.

Lalu antioksidannya kembali memberi peran penting lagi, yakni membantu mencegah kerusakan tertentu pada otak yang penyebab risiko penyakit Alzheimer.

Selain itu senyawa proanthocyanidins oligomer akan merangsang fungsi kognitif berkaitan dengan peradangan dan stres. Sehingga menurunkan risiko depresi dan mencerdaskan otak.

Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Biji anggur ternyata memiliki efek antibakteri dan antihistamin yang membantu melawan alergi, memperkuat, dan melindungi paru-paru. Kemudian proteksi dari penyakit lain yang merusak, serta mengurangi risiko masuk angin dan flu.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat biji anggur untuk kesehatan yang bisa didapat lagi ialah mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan adanya senyawa procyanidin di dalam biji anggu, dapat menstimulasi secara langsung pada faktor pertumbuhan jaringan tertentu yang berperan dalam penyembuhan luka.

Cara memperoleh khasiatnya dengan mengoleskan ekstrak biji anggur ke permukaan kulit yang terluka. Para ahli percaya, ekstrak biji anggur memicu produksi protein khusus yang dibutuhkan sebagai pertumbuhan pembuluh darah baru

Menurunkan Kolesterol

Kemampuan dari biji anggur bagi tubuh Anda selanjutnya ialah menurunkan kolesterol dengan cara mengurangi disposisi plak di arteri dan pembuluh darah. Selain itu, menurunkan risiko serangan jantung, penyakit jantung koroner, hingga stroke.

Kandungan flavonoid dari biji anggur mampu mencegah aterosklerosis (penyakit yang timbul akibat penumpukan kolesterol berlebih), melalui proses menghambat pembentukan kolesterol pada pembuluh darah.

Menguatkan Tulang

Manfaat berikutnya bila konsumsi biji anggur bisa membuat tulang Anda menjadi sehat dan kuat. Karena kandungan zat besi dari biji anggur cukup banyak, sehingga dipercaya baik untuk menutrisi tulang.

Selain itu, nutrisi tersebut mampu meregenerasi sel tulang menjadi sehat dan lebih baru. Kini mulailah konsumsi buah anggur beserta kulit dan bijinya supaya mendapat nutrisi yang optimal.

Ternyata kandungan flavonoid yang baik untuk pembuluh darah, berperan penting pula dalam menguatkan tulang. Flavonoid bisa menjaga kesehatan tulang dengan mempertahankan kepadatan dan kekuatannya.

Itulah beberapa manfaat biji anggur untuk kesehatan yang perlu diketahui. Mulailah mengonsumsi anggur beserta kulit dan bijinya untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi dan gizi yang lengkap. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar