3 Akibat Jika Mobil Tidak Diservice Secara Rutin - Girlsinspo.com

Breaking

Jumat, 24 Juli 2020

3 Akibat Jika Mobil Tidak Diservice Secara Rutin

Biar performanya selalu terjaga, mobil membutuhkan perawatan rutin. Perawatan rutin juga penting untuk mencegah mobil tiba-tiba bermasalah saat di jalan. Selain itu, dengan perawatan rutin, kamu juga akan tahu bagian mana saja yang dalam waktu dekat harus diganti. Nah, berikut beberapa akibat yang bisa muncul kalau mobilmu jarang diservis secara rutin.
3 Akibat Jika Mobil Tidak Diservice Secara Rutin
1. Telat mengganti bantalan rem

Bantalan atau kanvas rem berfungsi untuk mendorong gesekan yang akan menghentikan atau melambatkan laju kendaraan. Komponen ini bisa aus. Perihal berapa cepat menjadi aus, tergantung pada frekuensi dan gaya berkendara.

Ketika bantalan rem dibiarkan aus, klem logam akan banyak bergesekkan dengan rotor. Ini bisa merusak cakram yang ada. Bantalan rem yang menipis tidak bisa bekerja optimal untuk menyerap panas yang disebabkan oleh gesekan. Nantinya ini dapat menyebabkan seluruh sistem pengereman menjadi terlalu panas dan berperforma buruk.

2. Jangan telat mengganti minyak rem

Minyak rem lama kelamaan akan menyerap kelembaban udara dalam sistem pengereman. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan korosi dan mengizinkan lebih banyak partikel, serpihan, atau kotoran yang mengotori minyak rem.

Bahan karet dari bagian seperti katup di silinder master, kaliper, dan silinder roda dapat mengelupas. Serpihan yang mengelupas tersebut juga bisa menempel di minyak rem.

Saat kondisi minyak rem terabaikan hingga menyebabkan korosi, dapat terjadi kebocoran pada sistem pengereman. Anti-lock Brake System (ABS) yang berfungsi sebagai pengontrol tekanan fluida rem juga bisa mengalami kerusakan.

3. Melewati penggantian oli dan filternya

Biasanya ketika mengganti oli, filter oli mobil juga akan ikut diganti. Oli mobil rentan terkontaminasi partikel atau kotoran dari luar mobil yang masuk melalui filter oli. Dalam kerjanya oli juga menyerap panas dari mesin.

Semakin lama terabaikan, kemampuan oli untuk melumasi komponen-komponen dan menyerap panas akan berkurang karena endapan partikel atau kotoran tadi. Jika kamu bolos mengganti oli mobilmu, risikonya adalah mesin akan lebih cepat aus sebelum waktunya. Mesin mobil juga akan lebih mudah membakar oli dan pada akhirnya menurunkan performa mesin mobil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar