4 Cara Amankan Sepeda Motor Dari Pencurian Dengan Alat Pengaman - Girlsinspo.com

Breaking

Senin, 20 Juli 2020

4 Cara Amankan Sepeda Motor Dari Pencurian Dengan Alat Pengaman

Kamu pernah kehilangan sepeda motor guys? Nah, kalau kamu belum pernah mengalami, sebaiknya tingkatkan pengamanan sepeda motormu. Tidak ada salahnya kamu menjaga keamanan motor lebih ekstra, walaupun pabrikan sepeda motor kini telah menyematkan beberapa fitur keamanan sepeda motor, seperti magnet key. Berikut adalah perangkat pengaman aftermarket yang bisa dicoba untuk mengurangi potensi pencurian sepeda motor kamu!

1. Kunci cakram akan menghambat pencurian sepeda motormu

Siapkan kunci cakram dengan ukuran yang kecil tapi kuat, sehingga mudah dibawa dan dipasangkan saat sepeda motormu diparkir di tempat fasilitas umum. Caranya, kunci cakram dipasangkan di cakram motor, sehingga menghentikan gerak roda sepeda motor.
4 Cara Amankan Sepeda Motor Dari Pencurian Dengan Alat Pengaman
Harga kunci cakram relatif terjangkau dan banyak ditemukan di toko-toko daring. Kisaran harga termurah mulai Rp20 ribu. Banyak pula yang sudah disematkan teknologi alarm, sehingga jika kunci cakram dibuka dengan cara yang tidak sesuai akan berbunyi. Untuk cakran yang sudah berteknologi alarm, harganya kisaran Rp150.000. Dengan kunci ganda di sepeda motor, minimal akan menghambat pencuri saat beraksi mencuri sepeda motormu, guys.

2. Gembok rantai juga penting untuk keamanan sepeda motormu

Rantai pengaman biasanya dilapisi dengan karet atau nilon, untuk mencegah gesekan dan menimbulkan goresan pada komponen sepeda motormu. Serupa dengan kunci cakram, gembok rantai dipasangkan di bagian rem sepeda motor dan dikaitkan pada benda tidak bergerak. Fungsinya juga untuk menghambat pencuri beraksi, karena bisa saja si pencuri memakai gunting rantai atau bahkan mesin las, yang bisa memotong besi.

Ukuran panjang gembok rantai yang dijual di pasaran bervariasi. Biasanya mulai dari 80 sentimeter. Perangkat keamanan sepeda motor ini bisa dibeli dengan harga yang murah di toko-toko daring mulai kisaran hargaRp34 ribu.

3. Sarung motor akan menyulitkan pencuri mengetahui jenis sepeda motormu

Sarung motor mungkin aksesori dasar yang penggunaannya lebih pada melindungi motor dari hujan, panas, atau kotoran. Namun, sarung motor juga bisa berfungsi untuk meningkatkan keamanan motormu loh.

Sebelum melancarkan aksinya, pencuri motor biasanya mengintai terlebih dahulu sepeda motor apa yang akan menjadi sasarannya. Dengan sarung motor, pencuri akan sulit mengidentifikasi motormu beserta komponen penting lainnya yang rawan menjadi target pencurian. Sarung motor juga tidak sulit ditemukan, baik di toko offline maupun daring. Di lapak virtual, sarung motor dijual mulai harga kisaran Rp27 ribuan.

4. Kunci stang akan menyulitkan pencuri bergerak mengendalikan motor

Kunci stang memiliki rupa seperti kunci cakram. Perbedaannya terletak di tempat pemasangnya. Kunci cakram dipasang di cakram motor dan menghambat pergerakan ban, sementara kunci stang dipasang di tuas stang dan tersambung ke rem motor. Dengan demikian, tuas gas atau kopling beserta rem tidak berfungsi saat kunci ini terpasang. Di situs belanja daring, harga kunci stang bisa dibeli mulai kisaran Rp37 ribu. Selamat mencoba guys!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar