4 Cara Memeriksa Dan Memastikan Kelayakan Helm - Girlsinspo.com

Breaking

Senin, 20 Juli 2020

4 Cara Memeriksa Dan Memastikan Kelayakan Helm

Fungsi helm kini gak lagi sekedar pengaman saat berkendara, tapi juga pendongkrak penampilan. Gak heran kalau beragam desain dan warna helm kini bermunculan di pasaran. Karena itu sangat penting memastikan helm yang kamu pakai selama ini masih cukup keren dan aman. Untuk itu kamu perlu melihat tanda-tanda berikut. Jika semua tanda ada pada helmmu, itu berarti kamu harus segera membeli helm baru.
1. Sudah berusia lima tahun

Coba diingat-ingat kapan kamu membeli helm? Jangan-jangan sudah lima tahun lalu. Kalau benar begitu, sebaiknya kamu membeli helm baru. Tapi kalau helm tersebut cuma buat koleksi, ya gak apa-apa. Sebab helm yang rutin dipakai selama bertahun-tahun akan mengalami penurunan performa. Bisa karena plastiknya yang getas karena terpapar panas, bisa pula karena busa dalamnya yang telah menipis.

2. Ada keretakan pada batok helm

Silakan diteliti lagi apakah ada keretakan pada batok helmmu. Jika ada, baiknya segera diganti. Sebab keretakan akan membuat perlindungan helm menjadi tidak maksimal. Selain itu keretakan pada balok helm biasanya akan menyebar. Sehingga cepat atau lambat pasti kamu akan menggantinya juga.

3. Busa dalam sudah keras

Busa pada sisi dalam helm berfungsi sebagai pelindung kepala dari benturan. Nah, jika busanya sudah keras, maka fungsi tersebut akan berkurang. Busa menjadi keras bisa karena beberapa faktor, seperti panas atau karena memang sudah menipis karena pemakaian. Kalau sudah begitu, tak ada cara selain membeli helm baru.

4. Karet helm terlepas

Banyak kasus karet helm lepas dan menjuntai begitu saja. Selain gak enak dilihat, lepasnya karet juga menandakan perlidungan helm tidak lagi maksimal. Karet-karet tersebut terlepas karena panas atau karena faktor usia helm sendiri. Sehingga karet yang terlepas bisa jadi penanda kamu harus membeli helm baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar